Thursday, February 7, 2013

The Old Diary


Dear blogirls & bloboys,

ini foto tunangan gue.

Malem ini gue lagi mau curhat, kenapa gue mau curhat? Karena gue ga bisa tidur. Kenapa gue gabisa tidur? Anggep aja gue lagi kena suatu penyakit saraf mata kejepit yang notabene bikin mata gue ga bisa merem. Sudahlah~ ini hanya insomnia biasa.

Sebenernya salah satu alasan gue ga bisa tidur juga karena mengingat liburan semester gue yang udah mau abis. Dalam seminggu ke depan gue bakal regularly dating again dengan abang supir bis antarkota yang biasa membawa gue ke kota kecil nan indah, Jatinangor aka Nangorita. Gue sengaja ga tidur supaya merasa lebih lama di Jakarta, karena as i know, time goes slower when u’re awake.

Bicara tentang kamar, gue dan ade gue sekarang lagi berbagi lapak sama nyamuk. Entah karena musim hujan atau mungkin karena pembongkaran dus-dus barang simpanan gue, nyamuk-nyamuk ini jadi protes karena rumahnya digusur. Gue takut seketika ada nyamuk gede pake rol rambut bawa-bawa sapu ijuk lalu dia berbicara (tentunya dalam bahasa nyamuk) bahwa ia ingin rumahnya dikembalikan secepatnya. Terus gue bales ngotot bahwa ini kamar gue dan ibu nyamuk dengan rol rambut dan sapu ijuk itu ga berhak nyuruh-nyuruh gue. Dan perdebatan itu terus berlanjut hingga mengakibatkan gangguan jiwa.

Yap! Pembongkaran atau dalam bahasa wolesnya mah be’beres gitu memang kegiatan yang malesin, ya gak? Nyokap gue udah lama ngeluh tentang kondisi kamar gue yang katanya kayak kapal pecah. Padahal gue malah bangga kalo tiba-tiba kamar gue menyerupai bangkai pesawat yang pecah dengan sayap di kanan kirinya, gue bakal main jurrasic park sama tetangga gue yang autis. Tapi, liburan ini gue akhirnya sadar kalau barang-barang ini udah keterlaluan. Awalnya bermula ketika gue akhirnya selesai membaca 4 komik conan terbaru, begitu gue mau menaruhnya di rak meja belajar... ternyata udah ga muat. Singkat cerita begitu gue berhasil masukin itu komik ke jajarannya tangan gue berubah jadi abu-abu. Bukan, ini bukan karena jiwa gue tiba-tiba tersedot ke dalam dimensi komik yang akan menjadikan gue karakter 2 dimensi berwarna abu-abu. Ini karena debu. For your information, sejorok-joroknya gue yang ga suka mandi ini tapi gue sayang banget sama yang namanya barang gue, apalagi komik conan yang udah hampir lengkap ini. So,gue mutusin untuk merapikan meja belajar gue. Kalian tau kan meja belajar? Ya, sebuah meja kecil berukuran 1,5m x 1,5m tapi buat gue ini kayak nyabutin rumput di lapangan bola pake pinset.

Alhasil semua barang di meja itu gue rombak, gue keluarin semua. Lap-lap. Terus masukin lagi. Tapi gue sadar itu hanya akan membuang-buang waktu saja. Harus ada yang dibuang! Dan gue bukan tipe orang yang rela gitu aja membuang kenangan. Semua hal di meja itu sebenernya udah gue saring sedemikian rupa dari sekian banyak kenangan yang ada dalam hidup gue.
Ada kertas ulangan umum waktu gue SD, kemaren pas gue liat dan pegang kertasnya udah kuning kayak abis di pipisin, baunya juga udah kayak pipis. Dengan berat hati gue buang kertas itu. Satu demi satu gue buang, termasuk majalah “TEEN” yang gue simpen-simpen dari lama karena ada artikel 12 cowok keren 2008, u know? Rionaldo stockhorst, Mischa Chandrawinata, Dude Herlino, Samuel Zylgwyn, Dirly idol,dsb. Yang gue tau mereka semua sekarang udah pada main sinetron di salah satu stasiun tv swasta favorit ibu-ibu. Mereka sekarang masuk majalah “KARTINI” bahkan beberapa malah hilang dari peredaran atau bahkan mungkin malah masuk majalah “MISTERI”.

Sebenarnya yang pengen pengen banget gue ceritain disini adalah ketika gue nemu buku harian gue. Buku harian itu berwarna pink dengan gambar teletubbies (dari gambarnya kalian bisa memperkirakan sendiri itu buatan tahun berapa). Buku harian itu....di gembok.
Gue sempet putus asa karena lupa naroh kunci diari yang ukurannya lebih kecil dari 1 ruas jari kelingking itu dimana. Dan ketika gue putus asa, dan gue kesal. Gue tarik gembok itu dan terbuka. Kemudian sunyi. Betapa lemahnya perlindungan terhadap isi hati gue ini. Gue kaget melihat lembaran dalam buku itu penuh, buku diari ini tebalnya hampir 2x tebal buku tulis pada umumnya. Dan takjubnya lagi ga ada satu hari pun tertinggal, semua teratur dan urut per tanggalnya. Gue bangga karena keteraturan gue itu.

Buku diari itu isinya amat ekspresif, gue sendiri sampe kasian ngeliatnya. Rasanya pengen nangis, meringis, atau nangis sambil meringis juga bisa.  Setiap awal kalimat pertama dalam diary itu selalu berbunyi “dear diary, hari ini aku ....”, dan yang bikin gue menghela nafas lagi adalah ga ada satu lembarpun di diari itu yang engga membicarakan cowo. Gue sadar gue udah jadi man eater sejak SD, tapi waktu SD sampai SMP gue juga sadar bentuk fisik gue amat ga mendukung buat di taksir sama cowo. Tapi perubahan drastis yang terjadi waktu SMA membuat semuanya berbalik, hampir semua temen lama gue baik dari SD atau SMP yang pernah deket sama gue dan bahkan yang ga deket sekarang jadi memiliki ketertarikan sendiri sama gue. Bukannya PD atau GR tapi memang itu kenyataannya. True Story #alaBarneyStinson .

Balik lagi ke diary, ada satu hari dimana gue dalam liburan lulus SD dan gue kangen sama gebetan gue yang namanya sebut saja ijonk. Seriously, anaknya ganteng banget-bangetan. Asli ga pake boong. Cuma aja gue gatau dia dimana sekarang. Nah, ceritanya gue nulis dengan segala ke’ekspresifan gue kalau gue tuh seneengg banget bakal dapat nomornya si ijonk dari temen gue keesokan harinya. Sampe disitu gue udah senyum-senyum ngebayangin versi kecil gue yang lagi nulis itu diary sambil kasmaran. Pas gue balik ke hari berikutnya, gue nangis. Miris tragis sekali. Begini bunyinya, “dear diary, hari ini aku sedih sekali.. hp aku ilang di bobo fair”. Sungguh kasihan, tapi yang jelas gue kecil udah melewatkan kesempatan pertamanya jadi psikopat yang jatuh cinta diam-diam sama pangeran yang saat itu mustahil dia dapatkan.

Begitu pula yang gue dapetin di diary gue berikutnya waktu SMP, semua tentang cowo. Kadang gue ga ngerti kenapa gue begitu terobsesi sama yang namanya cowo? Gue baru sadar ketika salah seorang temen deket di kampus gue menjuluki gue “man eater”. Dari situ gue sadar, sekarang, apa bener gue kayak gini Cuma buat balas dendam masa lalu gue yang ga pernah bisa diterima sama cowo yang gue idamkan? Apa harus seperti ini? Gue juga ga pernah tau. Yang gue tau setiap gue flirting sama cowo terutama lewat sms atau media sosial gue selalu dapet tanggapan positif, dan gue ga bisa nolak.
Apapun itu beres-beres semester ini udah menyadarkan gue banyak hal, terutama masalah boys addict ini. Gue punya pacar dan mulai sekarang gue akan coba nyembuhin addict ini. Semoga aja berhasil J
With love, FZZ.
ini salah satu contoh boys addict gue. Blonde Guy, oh yeaahh.

0 comments:

Ikutan Komentar